Kamis, 09 November 2017

LARANGAN MENINGGIKAN KUBURAN

MELARANG MENINGGIKAN KUBURAN DAN MENGHIASINYA ADALAH LARANGAN RASULULLAH SHALLALLAHU ALAIHI WASALLAM, BUKAN LARANGAN WAHHABI

Oleh: Indra Abu Salma

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل وسلم على نبينا محمد

Sebelum menuduh WAHHABI kepada pihak-pihak yang meluruskan masalah ini, mari ilmui dulu sebelum berkata dan beramal.

Ingat, Imam Al Bukhari rahimahullah menetapkan suatu bab khusus dalam kitab shahihnya yg berjudul:

بَابٌ العِلمُ قَبلَ القَولِ وَالعَمَلِ

“Bab: Ilmu sebelum ucapan dan perbuatan”

Shahih Al-Bukhari, kitab: Al-Ilmu, bab Al ilmu qabla Al-qoul wa Al amal

Artinya kita jangan buru-buru mengatakan apapun dalam perkara agama ini sebelum mengilmuinya terlebih dahulu. Apalagi sampai melontarkan tuduhan-tuduhan keji yg tidak pada tempatnya dengan kebodohan.

Ingat, banyak hadits-hadits larangan menghias, menembok dan membangun kuburan.

Dan diantara hadits yang melarang menembok kubur yaitu hadits dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, beliau menjelaskan :

نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُجَصَّصَ الْقَبْرُ وَأَنْ يُقْعَدَ عَلَيْهِ وَأَنْ يُبْنَى عَلَيْهِ

"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam melarang menembok kubur, duduk di atasnya, dan didirikan (dibina) bangunan di atasnya".
(HR. Muslim, 5/90, no. 1610)

Imam Muhammad Ismail Ash-Shan’ani rahimahullah menjelaskan,

الحديث دليل على تحريم الثلاثة المذكورة لأنه الأصل في النهي

"Hadits ini adalah sebagai dalil yang menunjukkan haramnya tiga perbuatan yang disebutkan di dalam hadits ini, karena keharaman itulah yang pada dasarnya terdapat dalam kata larangan tersebut.

وقد وردت الأحاديث في النهي عن البناء على القبور والكتب عليها والتسريج وأن يزاد فيها وأن توطأ

"Terdapat juga beberapa hadits yang menjelaskan tentang larangan membina bangunan (binaan) di atas kubur, larangan menulis pada batu nisan dan mencantikkan (menghias) kubur, larangan menambah atau melebihkan dari sejengkal dengan meninggikan tanah di atasnya."

وهذه الأخبار المعبر فيها باللعن والتشبيه بقوله: "لا تجعلوا قبري وثناً يعبد من دون الله" تفيد التحريم للعمارة والتزيين والتجصيص ووضع الصندوق المزخرف ووضع الستائر على القبر وعلى سمائه والتمسح بجدار القبر وأن ذلك قد يفضي مع بعد العهد وفشو الجهل إلى ما كان عليه الأمم السابقة من عبادة الأوثان، فكان في المنع عن ذلك بالكلية قطع لهذه الذريعة المفضية إلى الفساد، وهو المناسب للحكمة المعتبرة في شرع الأحكام من جلب المصالح ودفع المفاسد، سواء كانت بأنفسها أو باعتبار ما تفضي إليه انتهى

"Khabar-khabar yang berkaitan dengan laknat dan tasyabbuh (penyerupaan) dengan berhala sebagaimana ucapan beliau Shallallahu ‘alaihi wa Sallam :

“Janganlah kamu jadikan kuburku sebagai bahan sembahan yang disembah selain Allah.” Memberikan pemahaman makna kepada pengharaman untuk membina binaan/bangunan/rumah, menghiasi, menembok dan meletakkan tanda-tanda perhiasan, serta meletakkan kain-kain penutup di kubur dan di atasnya, serta mengusap-ngusap tembok kubur. Perkara ini seiring dengan jauhnya masa dan tersebarnya kejahilan di antara umat-umat yang akan datang yang sekaligus menyebabkan kepada unsur-unsur penyembahan, maka semua ini sangat dilarang. Dan mencegah sebelum berlakunya bencana yang lebih besar yang akan menimpa umat manusia, lebih sesuai dengan hikmah yang diperolehi dari apa yang telah disyari’atkan melalui hukum-hukum, iaitu untuk mengambil manfaat dan menolak bencana sama ada ia dari sesuatu objek itu sendiri atau dari kesan yang dapat dihasilkannya."
(Imam Ash-Shan’ani, kitab Subulus Salam Syarh Bulughul Maram, 2/111)

Dari hadits Abu Al-Hayyaj Al-Asadi, beliau berkata: Ali Bin Abi Thalib pernah berkata kepadaku, maukah engkau aku utus untuk melakukan sesuatu sebagaimana aku pernah diutus oleh Rasulullah untuk melakukannya, salah satunya:

ولا قبرا مشرفا إلا سويته

"Dan jangan biarkan walau satu kubur pun yang menjulang tinggi, melainkan engkau meratakannya".
(HR. Muslim, 5/88, no. 1609)

Imam Asy-Syaukani berkata di dalam kitabnya, Nailul Authar,

فيه أن السنة أن القبر لا يرفع رفعا كثيرا من غير فرق بين من كان فاضلا ومن كان غير فاضل . والظاهر أن رفع القبور زيادة على القدر المأذون فيه محرم وقد صرح بذلك أصحاب أحمد وجماعة من أصحاب الشافعي ومالك

"Di dalamnya mengandungi penjelasan bahwa apa yang sunnah untuk dilaksanakan adalah tidak meninggikan kubur secara berlebihan, tanpa membedakan di antara orang terhormat (yang memiliki kelebihan/kedudukan) dengan orang-orang yang tidak terhormat.  Dan secara zahirnya, perbuatan menambah tinggikan kubur melebihi ukuran yang dibenarkan adalah HARAM.

Ini adalah sebagaimana yang ditegaskan oleh para Shahabat Imam Ahmad, sebahagian besar ulama dari mazhab Asy-Syafi’i dan Malik.

ومن رفع القبور الداخل تحت الحديث دخولا أوليا القبب والمشاهد المعمورة على القبور وأيضا هو من اتخاذ القبور مساجد وقد لعن النبي صلى الله عليه وآله وسلم فاعل ذلك

"Di antara perbuatan meninggikan kubur yang termasuk di dalam maksud hadits tersebut adalah pemasangan kubah dan menara yang dibina di atas kubur. Perkara ini termasuk tindakan menjadikan kubur sebagai masjid. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam melaknat mereka yang melakukan sebegitu rupa. "
(Imam Asy-Syaukani, Nailul Authar, 4/131)

Mu’awiyah radhiyallahu ‘anhu berkata,

إن تسوية القبور من السنة وقد رفعت اليهود والنصارى فلا تشبهوا بهما

"Sesungguhnya meratakan kubur itu termasuk apa yang disunnahkan, karena orang-orang Yahudi dan Nashara (Kristiani) biasa meninggikan kubur-kubur mereka. Dengan sebab itu, janganlah kamu menyerupai mereka."
(Hadis Riwayat Ath-Thabrani, al-Mu’jam al-Kabir, 19/352, no. 823.)
(Imam Al-Haitsami berkata: Para perawinya adalah perawi kitab Sahih, Majma’ az-Zawa’id, 3/184, no. 4297)

Semoga penjelasan ini menjadi REM YANG PAKEM bagi lisan anda yg mudah menjuluki WAHABI bagi yg menyampaikannya.

Ilmui dulu sebelum melontarkan tuduhan WAHHABI.

Menuduh seorang muslim tanpa bukti mendapat ancaman berat dari Allah Azza wa Jalla di hari kiamat kelak.

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata : “Aku telah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

...وَمَنْ قَالَ فِى مُؤْمِنٍ مَا لَيْسَ فِيهِ أَسْكَنَهُ اللَّهُ رَدْغَةَ الْخَبَالِ حَتَّى يَخْرُجَ مِمَّا قَالَ

 “…Barangsiapa yang berbicara jelek (menuduh tanpa bukti) tentang seorang mu’min apa yang tidak ada padanya, maka Allah akan memberikannya minuman lumpur perasan nanah penduduk neraka sampai keluar (bukti) dari yang dia katakan."
(HR. Abu Dawud dalam sunannya no. 3599)

نعوذ بالله من ذلك

Tidak ada komentar:

Posting Komentar